Powered By Blogger

Kamis, 23 September 2010

Komputer Generasi Kelima
(Sejak tahun 1982)

Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Ia diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI. Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor). Komputer generasi kelima difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
• Sifat-sifatnya:
o Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
o Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
o Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
o Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
o Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
o Dapat mengolah gambar-gambar dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat serta mengerti sebuah foto.

GAMBAR KOMPUTER GENERASI KELIMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar